Senin, 19 Februari 2018

Lenovo A2010 (Display)

Kali ini saya akan coba memperbaiki hp lenovo a2010 yang rusak display. kondisinya eks. Repair, Informasi dari pelanggan sebelumnya hp memang bekas kena air tapi kondisinya saat itu masih bisa menyala hanya saja touchscreen atau layar sentuhnya error. singkat cerita kemudian hp diservice tapi kemudian timbul masalah baru blank atau lcd gelap. Ketika hp dinyalahkan terasa hanya getar dan bunyi suara saja. Sepertinya cukup komplek ya kerusakannya. Baik langsung saja saya akan coba memperbaikinya.

Saya fokus pada bagian display dan berpikir mengganti lcdnya dengan yang baru. Hasilnya layar masih saja blank dan sama sekali tidak bergambar. Hmm... sambil terus berpikir saya coba perhatikan kebagian konektor, ternyata pada pin 1 LED_A terlihat ada korosif. Sedikit saya coba bersihkan tapi terlalu berbekas seperti bekas short. Mungkin itu masalahnya, Tidak pikir lagi akhrinya pergantian konektor pun saya lakukan.


Before
After


Setelah pergantian konetor saya coba hidupkan kembali hp. Hasilnya cukup baik. Layar mulai tampil gambar hanya saja mati lampu. Backlight sepertinya bermasalah, perbaikan saya lanjutkan dengan mengukur tegangan. Saat melepas kaleng penutup belakang, saya sudah disuguhi dioda yang jebol.

Before

After
Tunggu apa... itu dia masalahnya. Akhirnya dioda pun saya ganti dengan yang sama dari mesin yang lain. Setelah beres hp saya coba kembali saya nyalahkan dan hasilnya “good”, layar sudah kembali normal. Beres dengan display saya lanjutkan dengan perbaikan touchscreen dan selesai sudah akhirnya kasus display kali ini.

Pada kasus dan kondisi tertentu kadang diperlukan tindakan ekstra, seperti pada contoh kasus diatas saya harus mengganti lcd, konektor sampai terakhir dioda karena rangkaian elektrik saling berhubungan dan bisa jadi dari bagian itu semua mengalami masalah. Tapi dibeberapa kasus ada juga yang cukup dengan mengganti lcd. Kesimpulannya adalah pelajari rangkaian elektrik untuk mengambil tindakan yang tepat dalam memecahkan kasus. Semoga bisa membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar