Instruksi dan Garansi

Halo sobat. Semoga hari ini dalam keadaan sehat dan tetap semangat. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit informasi mengenai garansi. Tentu saja garansi yang saya maksud disini adalah garansi yang ada dan berlaku di E.K Service. Lalu apa sih itu garansi?, apa kegunaannya dan bagaimana cara menggunakannya.
Bagi teman-teman semua yang sering membeli barang-barang elektronik misalnya ; komputer, laptop, smartphone dan tablet pada umumnya terdapat pilihan garansi yaitu garansi resmi dan garansi distributor. Sebelum lebih jauh, baiknya kita harus tahu perbedaan dari garansi itu sendiri.
Perbedaan garansi resmi dan garansi distributor
  1. Perbedaan yang paling mencolok antara garansi resmi dan distibutor adalah pada alamat service center, misalnya jika garansi resmi biasanya langsung pengajuan klaim tertuju ke alamat service center pusat ataupun cabang dari merek yang anda beli, sedangkan garansi distributor biasanya tertuju ke alamat toko dimana anda membeli barang tersebut.
  2. Dari sisi harga tentunya harga garansi distibutor/toko jauh lebih murah di banding dengan barang yang bergaransi resmi.
  3. Garansi resmi bisa diklaim di seluruh wilayah secara nasional maupun internasional, sedangkan garansi distributor/toko hanya bisa diklaim di toko tempat anda membelinya.
  4. Garansi resmi biasanya memiliki jangka waktu klaim lebih lama dibandingkan dengan garansi distributor/toko yang memiliki jangka waktu klaim yang lebih singkat.
Lalu garansi yang ada di E.K Service termasuk yang mana. Garansi kami termasuk juga kedalam garansi distributor/toko. Setelah kita mengetahui jenis garansi pada produk yang kita gunakan, selanjutnya kita harus mengetahui syarat dan cara klaimnya.

Cara Klaim Garansi:
  1. Sebelum mengajukan klaim garansi sebaiknya ketahui apa saja bagian-bagian atau sparepart dari barang terkait yang tercover garansi, karena mungkin tidak semua bagian yang rusak dapat kita ajukan klaim garansi apalagi jika kerusakan akibat kelalaian pemakaian, untuk itu silahkan baca buku garansi yang disertakan saat pembelian.
  2. Jika kerusakan terjadi akibat kelalaian penggunaan ataupun kerusakan pada bagian/sparepart yang tidak tercover garansi kemungkinan akan tetap dibantu proses perbaikan namun tetap akan dikenai biaya untuk penggantiannya.
  3. Syarat klaim garansi baik itu barang yang bergaransi resmi maupun distributor adalah sama, yaitu dengan membawa kartu garansi, faktur atau nota bukti pembelian barang, jadi pastikan dulu bahwa kartu garansi, faktur atau nota pembelian produk atau barang yang akan diklaim garansinya tersebut masih tersimpan dengan baik dan tidak hilang, rusak/sobek.
  4. Mendatangi langsung service center pusat atau cabang terdekat untuk klaim garansi resmi, sedangkan untuk garansi distributor/toko silahkan mendatangi ke toko tempat anda membeli barang tersebut. Namun ada juga yang memberlakukan cara klaim garansi dengan mengirimkan barang terkait, ini memudahkan kita pada saat di luar kota ataupun pada saat lokasi tidak tercover service center, sebaiknya anda tanyakan terlebih dahulu melalui call centernya terkait metode klaim garansi dengan mengirimkan barang ini.
  5. Mendaftar dan menandatangani perjanjian untuk melanjutkan proses klaim garansi, baik itu garansi resmi ataupun garansi distributor/toko.
  6. Setelah proses klaim garansi disetujui selanjutnya kita menunggu proses reparasinya, proses ini terkadang membutuhkan waktu yang cepat tergantung tingkat kerusakan dan stok sparepart barang tersebut. Pada umumnya kita hanya menunggu waktu 1-2 jam untuk penggantian sparepart yang sederhana, namun jika sparepart yang rusak cukup parah ataupun stok sparepart di service center sedang kosong kemungkinan akan membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu 2x24 jam atau bahkan 1 minggu hingga 1 bulan dan tergantung antrian order juga.
Demikianlah penjelasan singkat mengenai apa itu garansi serta jenis dan juga fungsi yang dimiliki. Selalu perhatikan syarat dan ketentuan yang ada sebelum kamu memutuskan untuk mengajukan klaim garansi suatu produk. Karena terkadang proses garansi merupakan proses yang memakan waktu.