Kamis, 26 Maret 2020

Tips & trik - Angkat pasang IC

Memperbaiki handphone dengan kerusakan ic memang susah-susah gampang. Para newbie tentu punya banyak cerita kesulitanmenghadapi kasus yang satu ini. Entah itu karena masih minimnya pengalaman, atau ketidak tahuan cara menggunakan alat dengan benar. Tapi buat teknisi kaliberan, yang punya segudang pengalaman angkat pasang ic tentu menjadi hal yang mudah-mudah saja. Tidak ada cara khusus sebenarnya dalam hal angkat pasang ic, kebisaan atau cara-cara tertentu biasanya akan ditemukan dengan sendirinya, tentu saja seiring dengan semakin banyaknya jam terbang teman-teman semua. Intinya kita memang perlu tahu cara yang tepat (biasanya ini menyesuaikan dengan cara kerja kita) yang jelas agar pemasangan ic nantinya bisa lebih pas dan presisi. Masukan dari saya untuk para newbie setidaknya harus sering banyak latihan ya terutama untuk mengasah feeling. Karena sudah di singgung di awal bahwa tidak ada cara khususnya, berikut sedikit tips dan trik yang bisa saya bagikan, semoga dapat membantu teman-teman semua dalam menangani kasus ic agar bisa lebih berhasil.

Blower
Saya sangat merekomendasikan kepada teman-teman semua untuk menggunakan produk blower original, boleh merk apa saja karena temperature biasanya akan jauh lebih stabil. Untuk proses angkat atur angin dengan tiupan sedang, dan panas kira-kira 350-420 derajat.

Flux
Pilih flux atau amtech yang dengan kualitas bagus. Dimaksudkan agar timah cepat leleh sehingga tidak terlalu lama saat proses pemanasan. Pemanasan yang terlalu lama bisa menyebabkan kerusakan komponen disekitarnya atau board melembung.

Pinset
Gunakan pinset dengan pegangan agak panjang, buatlah jarak yang cukup agar angin panas blower tidak terlalu terasa ditangan. saya menggunakan merk relief. Pengalaman saya alat sangat nyaman digunakan.

Tenang
Santai saja dalam menyelesaikan pekerjaan yang satu ini. Jangan gugup hal ini bisa dilihat dari fleksibilitas tangan teman-teman, jika bergetar sebaiknya tenangkan diri terlebih dahulu.

Fokus
Arahkan perhatian teman-teman semua ke ic yang akan dieksekusi, perhatikan komponen disekelilingnya. Angkat ic secara vertical, carilah posisi angkat yang aman agar tidak membuat komponen yang lainnya ikut bergeser.


Cleaning
Jangan lupa untuk membersihkan sisa timah yang menempel di board dengan wick, pastikan pinout pada board dalam keadaan rata sebelum dilakukan pemasangan ic yang baru, gunakan tinner untuk membersihkan sisa flux.


Final
Setelah memastikan letak posisi yang benar, panasi ic baru dengan angin kecil dan panas kira-kira 350 derajat sampai ic di rasa sudah agak menempel. Atur angin kembali dengan tiupan kencang dengan panas 400 derajat. Tambahkan flux secukupnya untuk mempercepat proses leleh timah. Goyanglah sedikit saja pada ujung ic, jika pemasangan cukup baik biasanya ic akan bergeser dan kembali keposisi semula lagi.


Sampai disitu proses pemasangan ic sudah selesai, biarkan mesin untuk sementara sehingga agak dingin jangan lupa untuk kembali membersihkan sisa flux pada mesin. Saya berharap teman-teman selalu bisa bekerja dengan rapih. Akhir kata menutup pembahasan kali ini, jangan pernah berhenti jika menemui kegagalan. Cari tahu bagaimana cara yang sesuai dengan mengevaluasi kembali hasil kerja-kerja kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar