Senin, 19 Februari 2018

Samsung J2 Prime (Mati Total)

Masuk dengan kondisi matot (mati total) analisa dengan psu hasil full short. Keterangan dari pelanggan, hp tidak bekas jatuh ataupun kena air. Terakhir kondisi dicas kemudian dilihat kembali hp sudah mati. aneh juga ya... dan baik langsung saja saya akan coba selesaikan masalahnya.

Setelah hp saya bongkar secara fisik kondisi mesin memang kering dan keseluruhan terlihat rapih. Saya skip dugaan awal jatuh dan bekas air. kronologinya hp mati saat dicas, informasi itu cukup untuk saya fokus saja pada bagian cas. Saat saya coba lokalisir mencari sumber masalah dengan suntik tegangan, hasilnya “pusing” karena hampir semua komponen rasanya panas. Saya tidak mau ambil resiko terlalu jauh jika harus mencabut satu persatu komponen pada mesin. Agar tepat sasaran akhirnya saya memilih untuk membakar langsung sumber short dengan alat bantu batrai yang sudah dimodifikasi. Tidak menunggu lama ternyata panas itu mulai terlihat menyala. Ya... itu dia biang keroknya...

Before

After
Setelah memastikan titik eksekusi. Akhirnya pelepasan komponen pun saya lakukan. saya ukur kembali tegangan dan hasilnya sudah tidak short, analisa dengan psu pun elektrik normal. Hp saya coba hidupkan kembali dan hasilnya “good”. Coba dicas pun lancar jaya.
Hasil Akhir
Dari pembahasan diatas, contoh kasus yang saya angkat tentu tidak bisa disamakan dengan kasus-kasus teknis lainnya yang serupa, misal saja memperbaiki j2 prime yang mati total karena bekas jatuh ataupun air karena penanganannya pun bisa berbeda. Kesimpulannya adalah memastikan kondisi hp sebenarnya, lalu fokuskan kesitu untuk mengambil tindakan perbaikan (contoh kasus saya fokus kepada bagian pengecasan). Terima kasih kepada semua teman-teman semoga bisa membantu.

68 komentar:

  1. Mantap... Makasih gan infonya

    BalasHapus
  2. Mantap... Makasih gan infonya

    BalasHapus
  3. Min..mau nanya..klo j2 prime di nyalakan langsung ada notifikasi perangkat terlalu panas dan buka menu seting ga bisa itu apanya yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek jalur batre, fokus pada btemp-nya. kasus lapangan kebanyakan ada masalah disitu. semoga membantu

      Hapus
    2. Gan mohon bantuanya gan.hp j2 prime matitotal.saya tk punya power suplay/multitester.
      Tapi kalo di pasang batre.sambil dicas sembari dirabah ada terasa panas pada ic mmc dan ic pv nya gan ?mohon solusi nya gan

      Hapus
    3. kondisi panas pada mesin bisa menjadi tanda bahwa komponen mengalami short/konslet, secara teknis perlu dilakukan pengukuran agar tepat sasaran. tapi kalau tidak memungkinkan, coba ekseskusi saja bagian ic power, emmc yang juga panas biasanya hanya refleksi saja dari ic power yang bermasalah. semoga membantu

      Hapus
  4. Norak skali...!!!hahaha😁😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang di share disini adalah ilmu walaupun sekecil apapun itu,komen kayak bocah ngapayak

      Hapus
    2. master paling jago kali itu mah...

      Hapus
  5. Mau nanya gan . Hp ane dinyalain ko panas doang tp ga tampil gambar

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan short gan.. cek elektrik dengan power supply. bongkar hpnya, step 1; lokalisir sumber panas

      Hapus
  6. Gan, gini abis install firmware kan dah sukses, tapi kulihat hape nya mati gak hidup. Lalu kucoba segala cara seperti tekan tombol power,up dan down disaat baterai copot dan terpasang kabel usb.
    Gak ada reaksi, itu apanya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek kembali device manager pada komputer. usb masih mengenali perangkat hp-nya/tidak. jika sebelumnya hp normal, kasus agan kemungkinan "dead boot". saran saya program kembali dengan ufi box / jtag. pastikan rom sesuai dengan hpnya. semoga membantu

      Hapus
  7. Gan j2 pro250f saya waktu Dicharge mengeluarkan asap,ketika di buka ternyata IC CAS dan sekitarnya hangus,dan hp mati total,tolong solusinya Gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu diketahui bahwa jika di maping (sesuai dengan logic block diagram j250f). harusnya kerusakan ic charger/cas tidak akan sampai membuat hp mati total dengan catatan tidak short. Walaupun ada hubungan v-batt pada power tapi cara kerjanya tidak langsung (DC). Saran saya komponen yang terlihat hangus diangkat dan pastikan bahwa hp tidak dalam keadaan short. Fokus saja pada block charger. Semoga membantu

      Hapus
  8. Gan kenapa hp j2 prime dicas cuma getar doang aslinya changer nya rusak tpi masih nyala setelah sa servis di konter tpi dicas mlah cuma getar doang gimana caranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. perhatikan saat dicas apakah getar berulang?! Jika iya kemungkinan ada masalah pada bagian pengecasan. getar berulang bisa terjadi karena hp tidak bisa menerima listrik dengan baik. Jika getar 1x step berikutnya perhatikan layar menampilkan gambar batrai mengisi/tidak?! Jika tidak kemungkinan layar yang bermasalah. Semoga membantu

      Hapus
  9. Mau nanya,kalo hp j2 prime tiba" mati padahal gk kena air/ jatuh.malam masih gkpapa baterai jg masih 40%tapi paginya mati total,di charge jg cm getar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk perbandingan coba ganti batrai dulu, jika kondisi tidak berubah! Perhatikan pertanyaan yang sudah masuk diatas sebelumnya : Gan kenapa hp j2 prime dicas cuma getar?. Semoga membantu

      Hapus
  10. Misi suhu.. mau nanya, samsung j2 prime saya data nya edge terus gak bisa 4g/3g, kalau saya lock 4g data tidak muncul.. saya udah ganti ic rf nya tetep aja gak ngaruh.. kira2 apanya yg kena?? Saya udah pusing
    Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kasus ini memang cukup membingungkan, secara konstruksi banyak sekali path yang perlu dicek. Sialnya kadang area operator sim juga pengaruh. Kasus lapangan saya jika kerusakannya memang hardware kebanyakan masalah ada di “transceiver”-nya. Buka kembali skema cari path U1011. Semoga membantu

      Hapus
  11. Mau nanya hp saya j2 prime tiba" mati total gak ada tanda kehidupan sbelumnya gkpapa tapi setelah di cas kok gak bisa hidup sama sekali. Mohon solusinya terimaksih

    BalasHapus
  12. Yeesss ...berhasil... Mantab...membantu sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. multi testernya diambil ya.. :) lengkapi alat untuk step perbaikan yang lebih komplek. senang bisa membantu

      Hapus
  13. Min, saya ada samsung galaxy s4 mati, tp klo di hidupin logo samsung kedip2. Sama halnya klo saya cas logo juga kedip2. Sdh saya bw ke tukang service kt ckup di flash, tp stelah di flash berkali2 hasilx nihil sdh 3 tkng service coba ngeflash tp msh ttp. Kira2 apanya ya min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu diketahui sblmny bahw lcd yg berkrdip, secara teknis tdk ada korelasi dng software. Kasus kbnykn dilapangan sy menemukan jika memang tdk lcd yg bermaslah pasti jalur led/lampu pd lcdnya yg putus. Silahkan dicek kembali dan konsultasikan lbh lanjut dng teknisi terdekat. Semoga membantu

      Hapus
  14. Mau nanya gan. kalo misalnya habis flashing terus hp j2 prime saya matot itu apa yang kena ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikut bantu. Kemungkinan ic emmc sudah lemah.solusinya emmc di angkat kemudian di flash menggunakan UFI BOX.

      Hapus
    2. Terima kasih to @neni dayanti, senang bisa ikut membantu teman2 yang lain dengan share pengalamannya di blog ini. Saya kira perlu dicoba tips untuk menanggapi pertanyaan sebelumnya. Semoga membantu

      Hapus
  15. suhu mo tanya..J2 prime cuma getar sj berulang2...cek pake power suplay cm stuck di 3.8..Mohon solusinya suhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf sebelumnya, angka 3.8 pada power supply itu dalam volt atau ampere?! Jika kondisi hp bergetar ulang saat dicas; kemungkinan ada short pada blok chargingnya. Coba buka kembali skema untuk melokalisir sumber masalah. Semoga membantu

      Hapus
  16. Permisi gan mau tanya , j2 prime ane di cas ga masuk , di colokin ke pc ga detek , alias mati total , tetapi pada saat saya coba colok dengan powerbank , powerbank sempat nyala lalu tidak lama mati lagi , alias si pb tsb mendeteksi bahwa dia digunakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Interpretasi saya ada short gan. Coba dikronologikan agar sebab masalahnya bisa dibaca. Karena cara kerja mesin yang komplek. Penanganannya pun bisa berbeda. Semoga membantu

      Hapus
  17. tanya gan,lokasi agan di mana ya.? sy mau service hp.toling infonya ke n.cholis03@gmail.com atau wa 0822 3020 5534.terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan langsung kekontak yang tersedia. Terima kasih

      Hapus
  18. Mantap gan..smoga di balas kebaikannya..

    BalasHapus
  19. Kalau lanjut charger nya gmna gan

    BalasHapus
  20. itu yang di lepas apamya.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. C4080, dalam kasus ini komponen tersebut short! langkah perbaikan diangkat untuk kemudian diganti/tidak. dimaksudkan menghilangkan shortnya. semoga membantu

      Hapus
  21. Malam gan ,mau tanyak ni,hp saya samsung j2 panas sekali itu kenak apa nya gan short apa ic batre nya gan.mohon bantuan nya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan ada short gan! kalau hp terasa panas lalu batre boros, kebanyakan masalah ada di U4004 ic power, disarankan pergantian sparepart sebelum malah short total yang memungkinkan hp matot. semoga membantu

      Hapus
  22. tanya gan..j2,tidak short,tidak panas...
    tapi matot gan...mohon petunjuknya gan....thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kondisi hp belum pernah diservice. fokus saja pada U4004 ic power, cek massa pada capasitor atau resistor disebelahnya. jika jalur normal kemungkinan ic powernya yang harus diganti. semoga membantu

      Hapus
  23. Saya baru beli hp bekas j2prime katanya mati dipaksa main game batre low
    Uda saya ganti batre gak hidup jg
    Di tek komputer pon gak ada solusinya apa ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hal yang biasa dilakukan teknisi pada tahap awal penanganan kasus kerusakan handphone mati total adalah dengan cek tegangan menggunakan power supply. jika usaha sudah dilakukan menggunakan batrai baru tapi belum berhasil. mampirlah ketempat service untuk penanganan lanjutan

      Hapus
  24. Mas saya punya samsung J2prim.di tes pake multitester analok dibagia batrae di bolak balik jarum gk gerak.coba sambungkan power suplai prop min di min ples di ples tekan tombol power jarum gk gerak/gak respon sama sekali.kira2 itu yang rusak bagian apanya mas.mohon bagi ilmunya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek jalur batrainya gan, buka kembali skema. agar lebih fokus beresin jalur plus-nya (batt-id) terlebih dahulu

      Hapus
  25. Gan j2prime saya mati ga bisa dihidupin, cuman sampai di logo samsung terus mati lagi. Dicoba masuk recovery jg ga bisa, malah layar stuck dilogo samsung dan layar tertutup garis" merah... Kira" solusinya gmn gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jalan cepatnya coba koneksikan handphone dengan komputer menggunakan usb. perhatikan apakah perangkat dikenali/bisa dibaca oleh komputer atau tidak. kalau perangkat terdetek, lakukan flash ulang lewat mode download. kalau perangkat tidak terdetek. kondisi dimming seperti itu bisa terjadi karena emmc yang rusak

      Hapus
  26. Min mau nanya ini samsung j2 prime saya kenapa ya pas dipasang batre nya tiba" cuma bergetar ndet gtu setelah itu hp saya panas.. gimana min solusinya dikarenakan hp saya rusak karna ndak bisa ngecas setelah dibawa ke counter samsung belum di servis/diganti mesin nya tau" malah parah aja.. tolong solusinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kondisi handphone panas bisa terjadi karena ada komponen yang short (konslet). tentu saja kelistrikan yang buruk akan membuat handphone tidak mau menyala. kabar baiknya getar menandakan mesin masih bisa merespon. saran saya gunakan mbr dengan ampere agak besar untuk melokalisir sumber panas. setelah ketemu langsung eksekusi saja

      Hapus
  27. Balasan
    1. terima kasih, saya rekomendasikan produknya

      Hapus
  28. cara ganti ic power samsung j2 prime gimana gan soalnya saya pemula terimakasih gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Barangkali ini bisa sedikit membantu, cek di http://eka-id.blogspot.com/2020/03/tips-trik-angkat-pasang-ic.html

      Hapus
  29. Hp saya mendengung sedikit bleng
    Trus mati total itu yg rusak apanya
    Sorry amatir

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon mv gan, saya agk kurang jelas membaca kondisinya. maksudnya mendengung bagaimana?!

      Hapus
  30. Hu kl j2 prime getar 1x doang gk tampil gambar sdh ganti lcd juga hu solusi nya hu

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba koneksikan hp ke komputer, kalau terbaca hpnya. kemungkinan jalur lampu pada mesin bermasalah. gunakan skema untuk melokalisir masalah. kalau hp tidak terbaca fokus dibagian charger terutama pada booth ic

      Hapus
  31. Samsung j2 prime cuma bergetar&berkedip gimana solusinya master?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bergetar kedip saat posisi hp di cas kemungkian ic charger bermasalah. Biar tepat sasaran lokalisir blok charger dengan memastikan bahwa jalur tidak ada yang short sebelum memutuskan mengganti ic. Kasus ini sangat kondisional, tapi jika bergetar kedip saat hp di on, dan kondisi hp tidak eks air. Fokus saja pada ic power, 85% kasus hp gagal turn on berasal dari ic power. Semoga membantu

      Hapus
  32. Siang bang , maaf mau tanya hp samsung j2 prime punya saya matot.Tp saya colokin ke pc kebaca, itupun soket lcd harus saya cabut. Karna klo soket lcd saya pasang , ada panas disitu, dan tidak terbaca juga di pc. Apakah saya harus ganti lcd nya?

    BalasHapus